Senin, 19 Maret 2012

Cara mencegah dan mengobati cacingan

Isi Info


Ada banyak tanda-tanda anak menderita cacingan diantaranya :
* Berat badan cenderung menurun dan tidak sesuai dengan umur.
* Kurangnya nafsu makan, Tidak bergairah, Lesu, Pucat dan mudah lelah.
* Konsentrasi dan daya ingat anak yang menurun sehingga anak sulit mencerna pelajaran di sekolah.
* Keluhan gatal-gatal di sekitar anus sang anak.
Jika gejala-gejala tersebut diatas didapati pada anak Anda, Segeralah periksakan anak Anda ke dokter. Jangan biarkan penyakit cacingan menginfeksi tubuh anak hingga lama karena dapat membahayakan anak Anda.

Cara pencegahannya :
Cacingan sering dialami oleh anak-anak kecil yang tidak pernah mengenakan sandal ketika bermain di tanah dan lumpur. Padahal, Tanah dan lumpur merupakan tempat bersarangnya telur cacing. Oleh karena itu, Telur cacing akan mudah masuk ke tubuh anak melalui kaki. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan hal-hal berikut.
1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum makan.
2. Usahakan kuku-kuku jari tangan dan kaki tetap bersih dan bila kuku si anak sudah panjang sebaiknya segera di potong.
3. Bila bermain di tempat becek, atau tempat yang kotor biasakan mencuci kaki dan bagian tubuh sebersih-bersihnya dengan sabun sewaktu mandi.
4. Jangan langsung tidur dengan kaki yang kotor karena becek. Telur cacing akan pindah ke seprai dan kemudian masuk melalui hidung sewaktu anak bernapas.
5. Bila akan makan makanan dengan sayuran yang mentah, Usahakan dicuci terlebih dahulu dengan air atau sabun pembersih sayuran / buah-buahan sampai benar-benar bersih.
6. Berikan anak obat cacing secara teratur tiga bulan sekali.

Pengobatan :
Cara terbaik untuk mengatasi infeksi cacngan adalah dengan memutus mata rantai penularan, Misalnya dengan membasmi lalat dan lipas yang dapat membawa telur cacing ke makanan yang anak kita makan serta ketersediaan sarana sanitasi yang baik dan mencukupi. Namun, Hal tersebut diatas memang terkadang agak sulit untuk kita lakukan karena membutuhkan kesadaran dari semua pihak yang berada di lingkungan sekitar kita. Karena itu salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan sebagai langkah prefentif dari infeksi cacing yaitu dengan mengkonsumsi obat cacing secara teratur setiap 4 bulan sekali. Minumlah obat cacing yang mampu membasmi semua jenis cacing, Terutama cacing cambuk (trichuris trichiura), yang dapat menginfeksi sang buah hati kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar