Jumat, 16 Maret 2012

Ian Thorpe Mencoba Peruntungan di Nomor 100 Meter Olahraga / Sabtu, 17 Maret 2012

Isi Berita



Metrotvnews.com, Adelaide: Peraih emas Olimpiade lima kali, Ian Thorpe, bertekad menjaga peluang untuk kembali berlaga di Olimpiade di London. Ia kini kembali ke turnamen dengan terjun di nomor 100 meter gaya bebas yang kualifikasinya akan berlangsung, Ahad (18/3) besok. Ini dilakukan Thorpe setelah ia gagal maju ke babal final nomor 200 meter gaya bebas saat kualifikasi di Australia.

Thorpe mengaku amat kecewa setelah gagal melaju ke babak final nomor favoritnya itu kemarin. Thorpe pernah mendominasi pada Olimpiade pada nomor 200 meter gaya bebas. Setelah kesempatan itu pupus, harapan Thorpe untuk dapat berlaga di Olimpiade London kini bergantung di nomor 100 meter gaya bebas.

Meskipun tidak dapat meraih posisi dua besar, Thorpe masih punya satu kesempatan untuk berenang di nomor estafet jarak pendek pada Olimpiade London dengan berusaha berada di peringkat enam besar. Thorpe, yang kembali dari istirahatnya selama lima tahun, memerlukan sejenak waktu setelah kegagalannya di nomor 200 meter sebelum mengungkapkan kekecewaannya di hadapan media.

Dia berada di urutan ke-12 pada semifinal dengan catatan waktu satu menit 49,91 detik. Catatan tersebut hampir enam detik lebih lambat daripada catatan waktu terbaiknya di rekor dunia untuk Olimpiade, yaitu satu menit 44,06 detik. Thorpe memecahkan rekor dunia di nomor 200 meter itu sebanyak enam kali sepanjang karir cemerlangnya.

Thorpe mengatakan dia akan terus berkarir di dunia renang, yang akan dimulai dengan menaklukkan tantangan di nomor 100 meter. Di nomor tersebut, Thorpe akan berjumpa dengan juara dunia James Magnussen, mantan pemegang rekor dunia Eamon Sullivan, dan sejumlah perenang jarak pendek asal Australia lain.

"Saya akan berusaha. Saya menikmati apa yang saya lakukan. Saya senang dapat berlatih lagi, mendorong tubuh sendiri di dalam kolam, dan saya akan terus berenang hingga saya tidak berdaya," kata Thorpe, Jumat (16/3).

"Setelah malam ini belum tentu keadaan akan menjadi lebih mudah. Tapi saya memiliki nomor yang lain. Saya rasa saya harus memiliki persiapan lain juga. Saya tidak akan berlatih kecuali saya berpikir saya bisa kembali ke tingkat elit. Itulah yang memotivasi saya dan terus akan menjadi semangat bagi saya di masa mendatang," jelas Thorpe.

Thorpe mengaku, dengan kegagalannya itu dia merasa lebih mudah untuk mengikuti ajang kualifikasi lain. "Setelah gagal ke final, yang pertama kali saya rasakan adalah lebih mudah berenang daripada tidak mengalami kegagalan. Lebih baik mengalami kegagalan daripada tidak pernah merasakannya. Saya senang bisa mempersiapkan diri di kualifikasi ini," jelas Thorpe. (Ant/DOR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar